10 Tempat Wisata Kuliner Lezat di Kota Solo

galabo solo

Kota Solo tak melulu identik dengan wisata keraton dan belanja batik. Khusus bagi ‘foodies’ atau pencinta makanan seperti saya, jalan-jalan ke Solo pastilah belum memuaskan kalau saya masih belum sempat menjajal beragam jenis makanan tradisional yang ada di sana. Jika dibandingkan dengan harga makanan di kota Bandung atau Jakarta, harga makanan di kota Solo tergolong murah meriah.

Kalau kamu kebetulan berminat untuk liburan ke kota Solo untuk marathon makan dan mencicipi bermacam makanan lezat yang ada di Solo, berikut ini adalah 10 destinasi wisata kuliner yang wajib kamu cicipi di kota Solo.

1. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman – photo by: awkulinerologi.wordpress.com

Serabi Notosuman adalah kudapan legendaris khas kota Solo. Jika dibandingkan dengan serabi dari Bandung, serabi Notosuman khas Solo ini cenderung lebih tipis dengan tekstur lebih lembut serta rasa santan tercecap kuat di lidah. Terdapat pilihan rasa coklat dan polos yang dapat kamu pesan. Toko serabi yang sudah ada sejak tahun 1920-an ini selalu ramai pengunjung dan buka setiap hari mulai pukul tujuh pagi.

Alamat: Jl. Mohammad Yamin no.28, Surakarta.
Google Maps location:

2. Warung Gudeg Bu Mari

gudeg bu mari - tribunnews

Gudeg Bu Mari – photo by: tribunnews.com

Konon, warung gudeg ini sangat terkenal dan menjadi gudeg langganan para pejabat yang mampir di kota Solo. Meski gudeg lebih identik dengan Yogyakarta, gudeg juga dikenal dalam khazanah kuliner kota Solo. Berbeda dengan gudeg di Yogyakarta, gudeg Solo di Warung Makan Bu Mari rasanya tak semanis gudeng Yogya. Yang spesial dari Gudeg Bu Mari adalah ceker ayamnya yang biasa dipesan terpisah dengan porsi ceker yang cukup banyak. Ceker ayamnya bertekstur lembut dan langsung luruh di dalam mulut. Tempat ini juga terkenal dengan menu Bubur Lemu (bubur nasi dimasak dengan santan) dengan lauk gudeg. Warung Gudeg Bu Mari buka 24 jam.

Alamat: Jl. Gatot Subroto, Solo. (dekat Matahari Department Store)
Google Maps location:

3. Cafe Tiga Tjeret

Cafe-Tiga-Tjeret-Menu

Cafe Tiga Tjeret – photo by: sajianku.com

Nah, ini dia salah satu tempat nongkrong anak muda kota Solo yang selalu ramai di akhir pekan dan malam Minggu. Tak seperti kafe pada umumnya, Cafe Tiga Tjeret menawarkan suasana kafe dengan menu wedangan Solo kaki lima. Harga makanannya pun dijamin terjangkau bagi kocek anak kuliahan. Banyak menu khas wedangan tersedia seperti nasi bandeng, nasi oseng, dan nasi terik yang semuanya terbungkus mungil dalam daun pisang. Untuk menghangatkan tubuh, coba pesan Wedang Tiga Tjeret yang merupakan air hasil seduhan jahe, kencur, dan jeruk limau.

Alamat: Jl. Ronggo Warsito no.97, Solo.
Google Maps location:

4. Warung Susu Segar Shi Jack

solo-susu-murni-shi-jack-loji-wetan

Susu Murni Shi Jack – photo by: Jenzcorner.net

Kalau Bandung terkenal dengan susu Pangalengan, kota Solo juga punya Warung Susu Segar Shi Jack. Warung Susu Segar ini sudah ada sejak tahun 1986 dan kini memiliki banyak cabang di penjuru kota Solo. Menu susu segar di tempat ini hadir dengan nama-nama unik yang tak jarang mengundang tawa pengunjung. Misalnya saja, Tante Susy (susu syrop tanpa telor), Sukamandi (susu cokelat manis dingin), Suramadu (susu perah rasa madu) atau Superman (susu perah manis). Beragam varian susu murni ini pun dijual dengan harga bersahabat, tak lebih dari 10 ribu per gelas. Warung Susu Segar Shi Jack buka setiap hari mulai pukul lima sore.

Alamat: Warung Shi Jack Pusat, Jl. Kapt. Mulyadi, Solo (Depan Benteng Vastenberg).
Google Maps location:

5. Es Gempol Pleret Pak Suhar

es gempol pleret

Es Gempol Pleret Pak Suhar – photo by: ceritaperut.com

Es Gempol merupakan minuman khas asal Jepara yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula cair. Adonan gempol atau tepung beras dibentuk bulat-bulat, diwarnai lalu dikukus. Es Gempol rasanya segar dan manis serta cocok diminum di siang hari yang terik.

Alamat: Jl. Dr. Wahidin, Solo (samping Masjid Tegalsari).
Google Maps location:

6. Sate Buntel Tambak Segaran

sate-buntel-tambaksegaran

Sate Buntel Tambak Segaran – photo  by: kabarkuliner.com

Sate buntel adalah kuliner khas Solo berupa sate kambing yang dagingnya dicincang lalu dibuntel (dibalut) lapisan lemak tipis yang akan luruh saat sate dibakar. Lupakan dulu urusan kolesterol dan darah tinggi bila kamu ingin mencicipi kelezatan sate buntel di Tambak Segaran ini. Bumbu kecap sate buntel ini kaya rempah dan dilengkapi dengan acar. Rasa satenya legit dengan bumbu kecap yang meresap ke dalam. Warung Sate Buntel Tambak Segaran buka pada malam hari.

Alamat: Jl. Tambaksegaran 39 (Jl. Sutan Syahrir 149)
Google Maps location:

7. Tengkleng Bu Edi Pasar Klewer

tengkleng bu edi

Tengkleng Bu Edi Pasar Klewer – photo by: kulineronline.wordpress.com

Tengkleng Bu Edi Pasar Klewer juga menjadi salah satu kuliner khas Solo yang tidak boleh dilewatkan. Tengkleng sendiri merupakan masakan jeroan kambing yang disajikan dengan kuah santan kuning beraroma gurih. Tengkleng Bu Edi mudah ditemukan karena berada di lantai dasar Pasar Klewer. Seporsi Tengkleng Bu Edi nikmat disantap dengan seporsi nasi panas dengan harga murah meriah Rp 20.000,- saja per porsi.

Alamat: Lantai Dasar, Pasar Klewer Solo, Jl. Doktor Radjiman, Gajahan, Solo.
Google Maps location:

8. Warung Selat Mbak Lies

Warung Selat Mbak Lies – photo by: soloraya.com

Selat Solo, menu khas Solo ini juga menjadi ikon kuliner yang tak boleh lupa dicicipi saat berkunjung ke sana. Warung Selat Mbak Lies adalah salah satu tempat makan legendaris yang menyajikan Selat Solo. Menu Selat Bestik di sini terdiri dari irisan daging sapi empuk yang disajikan bersama telur pindang, kentang goreng serta sayuran seperti wortel, tomat, buncis, dan daun selada. Menurut pemiliknya, warung selat ini juga sering disambangi oleh para pejabat dan selebritis kala mampir di kota Solo.

Alamat: Jl. Serengan 42, Solo.
Google Maps location:

9. Es Krim Tentrem

eskrim tentrem

Es Krim Tentrem – photo by: ikafitrimustikasari.blogspot.com

Jika Jakarta punya es krim Ragusa dan Surabaya punya es krim Zangrandi, maka Solo terkenal dengan Es Krim Tentrem. Tempat makan ini menyajikan es krim jadul buatan rumah yang manis menyegarkan. Berdiri sejak tahun 1952, beberapa varian es krim yang bisa dicicipi di sini antara lain Country Look, Kombinasi, Pink Panther, Robin Rose, dan rasa klasik seperti Tutti Frutti serta Banana Split. Harga es krim di sini juga terjangkau, tak lebih dari Rp 15.000,- per porsi.

Alamat: Jalan Urip Sumoharjo No. 97, Solo
Google Maps location:

10. Timlo Sastro

timlo sastro

Timlo Sastro Pasar Gede – photo by: panduankuliner.wisata.id

Kunjungan ke kota Solo masih belum lengkap tanpa kunjungan ke Timlo Sastro. Berdiri sejak tahun 1958, Timlo Sastro menempati bangunan di sudut belakang Pasar Gede. Bagi orang Solo, Timlo biasa dimakan sebagai menu sarapan pagi. Kuah Timlo bening seperti sup dengan isi beragam mulai dari sosis, daging ayam hingga ati ampela dan semur telur bebek. Kamu juga bisa memesan brutu (pantat ayam) dan usus untuk campuran kuah timlo. Sekelompok orkes keroncong di tempat makan ini akan menemanimu menyeruput kuah timlo hangat.

Alamat: Jl. Kapt. Mulyadi, Solo.
Google Maps location:

 

Advertisements

2 thoughts on “10 Tempat Wisata Kuliner Lezat di Kota Solo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s