Pilih Tas Yang Pas Sebelum Bepergian

Bepergian ke luar kota atau luar negeri apalagi untuk keperluan jalan-jalan memang mengasyikkan. Tapi rupanya mempersiapkan suatu perjalanan tak semudah kedengarannya, termasuk dalam hal memilih tas yang tepat untuk dipakai bepergian.

Ada beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam memilih tas yang sesuai saat Anda hendak bepergian.

Tentukan terlebih dahulu jenis tas yang Anda butuhkan
Jika Anda pergi ke mal atau toko tas, ada banyak macam tas travel yang bisa dipilih. Mulai tas koper dengan roda, duffel bag, hingga berbagai tas punggung, baik yang beroda maupun yang tidak. Saking banyaknya pilihan jenis, warna maupun model tas, kita sering bingung saat memilihnya. Tapi yang terpenting dalam memilih tas adalah menyesuaikan tas yang akan dibeli dengan destinasi travel yang hendak dituju, moda transportasi yang digunakan untuk bepergian serta tujuan Anda bepergian.
Cari tas dengan ruang yang cukup luas untuk menampung barang-barang kebutuhan Anda
Saat memilih tas, sebaiknya jangan yang terlalu kecil. Meski terkesan ringkas, tapi akan menyulitkan jika ternyata barang-barang kebutuhan Anda tidak seluruhnya bisa termuat di dalam tas. Pastikan juga tas yang Anda pilih memiliki banyak kompartemen untuk menyimpan barang secara terpisah, misalnya kompartemen khusus iPod, kamera digital atau penyimpanan dokumen kerja.
Cari tas dengan tali tas yang aman dan tak mudah lepas
Sebelum memutuskan untuk membeli, cek pula tali tas, apakah cukup kuat dan kencang. Pastikan pengait tali bisa terpasang dengan baik dan aman. Tentu Anda tidak mau barang-barang dalam tas rusak karena tas Anda terjatuh selama perjalanan bukan? Selain itu, pastikan juga busa pelapis tali cukup empuk dan nyaman saat Anda memanggul tas di pundak dan tali cukup panjang untuk bisa disesuaikan kenyamanannya.
Cek berat tas dalam keadaan kosong
Nah, yang terakhir namun sungguh penting adalah memeriksa berat tas saat belum terisi. Kenapa penting? Jika nantinya Anda memasukkan tas tersebut ke dalam bagasi pesawat, bobot tas berikut isinya akan menjadi patokan apakah tas Anda overweight atau tidak. Jadi sebaiknya jangan pilih tas berbahan tebal atau berat, tapi pastikan juga bahan tas mampu menjaga barang-barang yang tersimpan di dalamnya dari kerusakan.

Sesuaikan juga jenis tas yang Anda pilih dengan jenis perjalanan yang akan Anda lakukan. Berikut ini adalah jenis-jenis tas yang dapat anda pilih:
Tas punggung (Backpack)
Ternyata tak mudah memilih tas jenis ini karena bentuk, tipe dan ukuran tas yang sangat beragam. Tas punggung seperti apa yang Anda butuhkan? Daypack ataukah carrier yang bisa memuat kebutuhan perjalanan hingga berhari-hari? Sebaiknya juga cari tas punggung yang punya lebih banyak akses untuk mengambil barang dari dalam tas. Akan sulit mengambil barang yang terdapat di bagian terbawah tas jika akses untuk mengambil barang terbatas dari atas tas saja.
Tas koper beroda
Tas jenis ini adalah yang paling mudah kita temui dijual di mal dan toko tas. Tas koper beroda biasanya identik dengan perjalanan bisnis dan mewah. Tas jenis ini sebenarnya sangat praktis dan efisien untuk dibawa. Namun tas koper beroda memang lebih cocok digunakan jika Anda berniat tinggal di satu tempat saja dan hanya bisa digunakan pada permukaan yang rata. Oleh karena penggunaannya yang ditarik kesana kemari, ada baiknya Anda membeli tas koper beroda yang sedikit lebih mahal, daripada yang murah namun roda atau pegangan untuk menarik cepat rusak.
Duffelbag
Tas duffelbag saat ini terasa agak kurang bergaya dan jarang digunakan lagi selain oleh atlit-atlit olahraga. Tapi seperti halnya tas punggung, duffelbag memberi Anda fleksibilitas untuk memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain. Oleh sebab fleksibilitasnya ini, duffelbag sangat cocok dibawa saat perjalanan singkat atau selama akhir pekan. Tas jenis ini juga cocok untuk dibawa dan dimasukkan ke dalam kabin pesawat, kereta api atau bus, karena permukaan luarnya yang lunak dan tidak kaku. Namun hati-hati, jangan memanggul duffelbag terlalu lama apalagi saat berjalan kaki jauh. Pundak dan juga punggung bisa sakit karena beban hanya ditopang salah satu sisi tubuh.*

Follow us on Twitter & like us on Facebook.

Advertisements

One thought on “Pilih Tas Yang Pas Sebelum Bepergian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s