Mbaru Niang: Si Kerucut Perlambang Persaudaraan Wae Rebo

Tak banyak orang mengetahui apa itu Mbaru Niang. Saat dijelaskan bahwa Mbaru Niang adalah rumah tradisional khas Flores yang kini hanya tinggal tersisa di Desa Wae Rebo, Kabupaten Manggarai Barat, kembali muncul pertanyaan di mana itu Wae Rebo? Tak hanya orang-orang di luar Flores saja yang mengalami ketidaktahuan seperti itu, tetapi banyak pula orang Flores yang tak tahu di mana letak Wae Rebo.

Sungguh disayangkan kondisi pengetahuan masyarakat kita terhadap aset pariwisata dan budaya negerinya sendiri. Saat sebagian dari masyarakat Indonesia tak tahu apa itu Mbaru Niang, UNESCO Asia-Pacific baru saja menganugerahi penghargaan tertinggi kategori konservasi warisan budaya tahun 2012 kepada rumah tradisional berbentuk kerucut ini.

Dalam rilis medianya, Tim Curtis, selaku ketua juri dari UNESCO Bangkok berujar, “Penghargaan tertinggi diberikan kepada Mbaru Niang karena telah mampu mewakili bentuk konservasi arsitektural, di mana pengetahuan akan tradisi serta warisan tak berwujud menjadi metode dalam melestarikan warisan arsitektural tersebut”.

Mbaru Niang yang berbentuk kerucut ini mampu menampung 6-7 keluarga yang bernaung di bawahnya. Rumah tradisional ini kini hanya dapat kita lihat di desa Wae Rebo, Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai. Rumah ini sudah diwariskan dari leluhur masyarakat Flores dan kini sudah berusia 18 generasi.

Mbaru Niang terdiri dari lima tingkat dengan fungsinya masing-masing. Selain berfungsi sebagai tempat tinggal, Mbaru Niang juga berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan dan sajian untuk leluhur masyarakat Wae Rebo.

Bentuk bangunan Mbaru Niang yang berbentuk kerucut, melingkar dan berpusat di tengah diyakini melambangkan persaudaraan yang yang pernah putus di Wae Rebo dengan leluhur mereka sebagai titik pusatnya.

Pada kenyataannya, memang warga Wae Rebo tidak melupakan leluhurnya seperti yang tertuang dalam ungkapan “neka hemong kuni agu kalo”, yang bermakna “jangan lupakan tanah kelahiran”.*

Follow us on Twitter & like us on Facebook.

Advertisements

One thought on “Mbaru Niang: Si Kerucut Perlambang Persaudaraan Wae Rebo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s