Jalan-jalan Hemat Dengan Budget Airlines

Ingin bepergian menggunakan pesawat dengan tujuan berjarak tempuh singkat namun terkendala karena harga tiketnya yang mahal? Kini sebetulnya Anda tak perlu risau lagi, karena maskapai penerbangan berbiaya rendah atau budget airlines bisa menjadi solusinya. Jika dahulu bepergian dengan pesawat terbang menjadi pengalaman yang hanya bisa dinikmati sebagian orang dengan kemampuan ekonomi di atas rata-rata, saat ini dengan hadirnya budget airlines siapa saja bisa naik pesawat terbang, apalagi jika perjalanan yang akan dilakukan sudah direncanakan sejak jauh hari.

Tapi apa sih sebetulnya budget airlines itu? Audrey P. Petriny, Communications Manager PT Indonesia AirAsia mendefinisikan budget airlines atau yang dikenal juga dengan istilah low cost carrier sebagai maskapai penerbangan yang menerapkan konsep efisiensi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Oleh sebab itu, maskapai penerbangan semacam ini dapat menawarkan kursi penerbangan berbiaya lebih hemat daripada maskapai penerbangan konvensional.

Maskapai penerbangan berbiaya rendah pada umumnya memiliki model bisnis yang lebih sederhana dibandingkan maskapai penerbangan konvensional yang disebut juga sebagai kebijakan tanpa embel-embel (no-frills). Biaya operasional yang membuat tiket menjadi mahal ditekan dengan mengurangi layanan-layanan yang umumnya diberikan dalam penerbangan konvensional.

Fasilitas seperti makanan dan minuman serta layanan bagasi tidak termasuk dalam layanan budget airlines. Akan tetapi layanan-layanan itu menjadi pilihan yang dapat dinikmati oleh penumpang, tentu saja dengan tambahan biaya tertentu. Oleh sebab itu, harga tiket budget airlines cenderung lebih murah dibandingkan dengan tiket maskapai konvensional yang memberikan layanan penuh, dimana biaya untuk layanan seperti di atas sudah termasuk di dalam harga tiket yang dibeli penumpang.

Menurut Audrey, pangsa pasar yang menjadi target budget airlines termasuk pula AirAsia Indonesia adalah orang-orang yang disebut sebagai smart travelers, yakni mereka yang mendambakan penerbangan berkualitas dengan tarif penerbangan hemat. Siapa sajakah smart travelers itu? Menurut Audrey, penumpang budget airlines berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari mahasiswa, tenaga kerja Indonesia di luar negeri, karyawan swasta hingga pengusaha.

Selain layanan makanan, minuman dan bagasi, terdapat sejumlah faktor lain yang turut membuat harga tiket menjadi lebih rendah misalnya saja teknik pemasaran dan penjualan tiket yang lebih mengandalkan penjualan melalui internet. Teknik penjualan tiket ini menurut Audrey bisa mengurangi biaya administrasi dan SDM yang biasanya dibutuhkan untuk melakukan promosi dan menjual tiket.

Maskapai penerbangan berbiaya rendah juga biasanya hanya menggunakan satu jenis pesawat saja. Dengan cara ini, biaya yang dibutuhkan untuk mengadakan pelatihan bagi ahli mekanik serta perawatan pesawat bisa dihemat. Produktivitas SDM yang ditingkatkan, optimalisasi ruang pesawat serta utilisasi pesawat yang lebih tinggi juga menjadi faktor yang bisa menekan harga tiket.

Ada beberapa tip yang berguna bagi Anda yang tertarik melakukan perjalanan menggunakan budget airlines.

Belilah tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan Anda. Budget airlines yang biasanya menerapkan kebijakan dynamic pricing dapat memberikan tiket dengan harga termurah jika Anda memesannya sejak jauh hari.
Bayarlah hanya apa yang Anda butuhkan. Apabila Anda akan bepergian satu atau dua hari saja dengan tujuan berjarak tempuh singkat, memilih terbang menggunakan budget airlines akan menjadi pilihan yang tepat. Dengan barang bawaan sedikit, Anda dapat berhemat karena tak perlu membayar biaya bagasi dan tak perlu makan atau minum selama dalam penerbangan.
Cek halaman situs budget airlines secara berkala. Meski biasanya budget airlines mempromosikan tiket-tiket termurahnya lewat iklan di koran atau surel promosi, seringkali harga tiket terbaik bisa Anda peroleh justru ketika Anda sedang iseng-iseng browsing ke halaman situs budget airlines tersebut.

Nah, apakah tahun ini Anda sudah punya rencana liburan? Jika belum, mungkin kini saatnya Anda mencoba bepergian hemat menggunakan budget airlines. Selamat berjalan-jalan!*

Follow us on Twitter, join us on Google Plus & like us on Facebook.

Advertisements

2 thoughts on “Jalan-jalan Hemat Dengan Budget Airlines

  1. ada satu lagi kalo boleh nambahin :D. jadi member maskapai tersebut, biar kalau ada promo dikirimi email terlebih dahulu. saya sering dapet promo karena jadi member juga :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s