Goa Batu Cermin: Misteri Masa Lalu Labuan Bajo

Bicara soal pariwisata Labuan Bajo, kita lebih sering berpikir tentang pariwisata bahari saja. Perairan Taman Nasional Komodo, keindahan alam bawah lautnya dan pesona Pulau Rinca dan Pulau Komodo memang telah menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Namun, ternyata Labuan Bajo juga menawarkan sesuatu yang berbeda dari pesona pantai yang memukau. Goa Batu Cermin namanya.

Batu Cermin adalah sebuah goa alam yang terletak sekitar empat kilometer dari Labuan Bajo. Di goa ini banyak keindahan yang bisa dinikmati wisatawan, terutama mereka yang menyukai tantangan dan petualangan. Untuk mencapai mulut goa ini, kita harus berjalan di jalan setapak yang dinaungi pohonan bambu dan menaiki bebatuan yang dijadikan pijakan tangga dengan ketinggian 25-30 meter.

Bagian dalam goa dengan panjang 200 meter yang memiliki banyak lorong ini dipenuhi aneka rupa stalagtit dan stalagmit dengan kondisi terpelihara dengan baik. Yang unik dari goa ini, di sejumlah bagian dalam goa menempel fosil terumbu karang dan biota laut yang sudah membatu, fosil penyu adalah salah satunya. Fakta ini membuktikan bahwa Goa Batu Cermin di masa lampau merupakan bagian dari palung laut. Sungguh disayangkan, hingga saat ini belum ada seorang pun yang meneliti lebih mendalam fosil-fosil dalam gua ini.

Nama Batu Cermin sendiri diambil dari keberadaan sejumlah stalagtit dan stalagmit yang dipercaya masyarakat setempat bisa memancarkan sinar berkilauan bak kristal kala terpapar cahaya. Menikmati keindahan Goa Batu Cermin, kita seperti diajak menapaki dasar laut yang kering kerontang. Ajaib memang. Paling tidak, goa dan peninggalan fosil tersebut sudah menjadi saksi bisu kehidupan laut Labuan Bajo di masa lalu.

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah Labuan Bajo suatu saat di masa lampau pernah menjadi dasar laut. Hmm, misteri itu barangkali akan menghinggapi batin Anda selama menelusuri dan seusai meninggalkan Goa Batu Cermin.*

Follow us on Twitter & like us on Facebook.

Advertisements

One thought on “Goa Batu Cermin: Misteri Masa Lalu Labuan Bajo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s